Hallo Sobat Mathematics, kali ini saya akan membahas tentang Kesulitan Belajar Matematika. Semoga bermanfaat and Enjoyy
Pengertian kesulitan belajar
Keadaan
dimana seseorang mengalami kesulitan dalam melakukan suatu perubahan
pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, kebiasaan, dan perubahan aspek
lain
Yang ada pada manusia
setelah berinteraksi dengan lingkungan tentang logika mengenai bentuk, susunan,
besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lain dengan jumlah
yang banyak yang terbagi kedalam tiga bidang yaitu aljabar, analisis, dan
geometri.
Fakta
A.Pengertian
Fakta adalah perjanjian yang dibuat dalam
Matematika. Misalnya Lambang,
Nama, Istilah, serta
perjanjian.
B. Faktor kesulitan
-
Matematika
penuh dengan symbol-symbol dan istilah yang asing sehingga sulit dipahami siswa
-
Besar
dengan pola ajar berbasis hal-hal konkrit yang akan membuat siswa merasa
sedikit kesulitan
-
Matematika
itu Abstrak
C. Akibat kesulitan
Siswa kesulitan dalam mengerjakan soal Matematika
Contoh
Konsep
A.
Pengertian
-
Ide abstrak yang dapat digunakan untuk menggolongkan atau
mengklarifikasikan sekumpulan objek.
-
Konsep menunjuk pada pemahaman dasar siswa untuk
mengembangkan X mengelompokan pemecahan masalah.
-
B.
Penyebab kesulitan
-
Kekurang pahaman tentang symbol
-
Penggunaan proses yang keliru
-
Perhitungan
-
Tulisan yang tidak bisa dibaca
C.
Upaya mengatasi
-
Perlunya
membangun pondasi yang kuat tentang konsep
& keterampilan Matematika.
-
Tidak
menekankan pada system Menghafal, Melainkan penerapan Rumus pada latihan-latihan soal.
-
Memberikan
kesempatan untuk siswa mencoba berbagai jenis soal dengan tingkat kesulitan
yang berbeda.
Contoh
Prinsip
A. Pengertian
Prinsip yaitu pernyataan yang
menyatakan berlakunya suatu hubungan antara beberapa konsep. Pernyataan itu
dapat menyatakan sifat-sifat suatu konsep, atau hukum-hukum atau teorema atau
dalil yang berlaku dalam konsep itu (Soleh, 1999: 8)
B.
Akibat Kesulitan
Siswa sulit memahami
pokok-pokok permasalahan dalan soal yang diberikan.
C.
Faktor – Faktor
-
Siswa tidak mempunyai konsep yang dapat digunakan untuk
mengembangkan prinsip
-
Kurang atau minimnya dari konsep dasar secara kemampuan,
-
Siswa kurang paham dengan prinsio yang telah diajarkan.
D.
Upaya
Dengan beberapa metode yaitu :
·
Inquiri
·
Diskusi
kelompok
·
Siswa
harus benar benar paham konsep dasar soal terlebih dahulu.
·
Contoh
- ” jika kedua
Ruas persamaan ditambah dengan suatu bilangan yang sama, maka
diperoleh persamaan baru yang mempunyai himpunan penyelesaian yang sama
dengan himpunan penyelesaian. Prinsip ini digunakan dengan penyelesaian
suatu persamaan.
- Contoh prinsip dalam bentuk rumus antara lain rumus kuadrat (rumus ABC), teorema phythagoras, dan sebagainya.
Skill
A.
Pengertian
Merupakan prosedur mempercepat pengerjaan , namun
tetap didasarkan logika yang benar.
B.
Akibat kesulitan
Kesulitan keterampilan untuk
mengoperasikan bilangan biasanya terjadi pada siswa yang berkemampuan lemah
sehingga mengalami kesulitan dan kurang terampil dalam mengoperasikan
bilangan.
C.
Faktor
Disebabkan karena dalam mempelajari materi pelajaran dasar
ternyata siswa tidak menguasai materi yang telah diberikan. Ketidakmampuan
dalam operasi bilangan dan perhitungan yang tidak tepat, maka akan menghasilkan
jawaban yang salah. Kesulitan
D.
Upaya
1.
Jangan
paksa siswa untuk bisa menguasai matematika
2.
Padukan
matematika dengan dunia nyata
3.
Menyampaikan
materi pelajaran matematika dengan bercerita dan memberi contoh
Contoh
Proses yang menggunakan
opersi dasr dalam penjumlahan,pengurangan,perkalian,maupun pembagian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar