Rabu, 24 Juli 2019

Kesulitan Belajar Matematika


Hallo Sobat Mathematics, kali ini saya akan membahas tentang Kesulitan Belajar Matematika. Semoga bermanfaat and Enjoyy


Pengertian kesulitan belajar
     Keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan dalam melakukan suatu perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, kebiasaan, dan perubahan aspek lain
Yang ada pada manusia setelah berinteraksi dengan lingkungan tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lain dengan jumlah yang banyak yang terbagi kedalam tiga bidang yaitu aljabar, analisis, dan geometri.

Fakta
A.Pengertian
  Fakta  adalah perjanjian yang dibuat dalam Matematika. Misalnya Lambang,
  Nama, Istilah, serta perjanjian.
B. Faktor kesulitan
-     Matematika penuh dengan symbol-symbol dan istilah yang asing sehingga sulit dipahami siswa
-     Besar dengan pola ajar berbasis hal-hal konkrit yang akan membuat siswa merasa sedikit kesulitan
-     Matematika itu Abstrak
C. Akibat kesulitan
   Siswa kesulitan dalam mengerjakan soal Matematika

Contoh
Konsep
A. Pengertian
-     Ide abstrak yang dapat digunakan untuk menggolongkan atau mengklarifikasikan sekumpulan objek.
-     Konsep menunjuk pada pemahaman dasar siswa untuk mengembangkan X mengelompokan pemecahan masalah.
-
B.  Penyebab kesulitan
-     Kekurang pahaman tentang symbol
-     Penggunaan proses yang keliru
-     Perhitungan
-     Tulisan yang tidak bisa dibaca

C.  Upaya mengatasi
-     Perlunya membangun pondasi  yang kuat tentang konsep & keterampilan Matematika.
-     Tidak menekankan pada system Menghafal, Melainkan penerapan   Rumus pada latihan-latihan soal.
-     Memberikan kesempatan untuk siswa mencoba berbagai jenis soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Contoh
Prinsip
A. Pengertian
    Prinsip yaitu pernyataan yang menyatakan berlakunya suatu hubungan antara beberapa konsep. Pernyataan itu dapat menyatakan sifat-sifat suatu konsep, atau hukum-hukum atau teorema atau dalil yang berlaku dalam konsep itu (Soleh, 1999: 8)
B.  Akibat Kesulitan
    Siswa sulit memahami pokok-pokok permasalahan dalan soal yang diberikan.
C.  Faktor – Faktor
-     Siswa tidak mempunyai konsep yang dapat digunakan untuk mengembangkan prinsip
-     Kurang atau minimnya dari konsep dasar secara kemampuan,
-     Siswa kurang paham dengan prinsio yang telah diajarkan.
D. Upaya
    Dengan beberapa metode yaitu :
·      Inquiri
·      Diskusi kelompok
·      Siswa harus benar benar paham konsep dasar soal terlebih dahulu.
·
Contoh

  1. ” jika kedua  Ruas persamaan ditambah dengan suatu bilangan yang sama, maka diperoleh persamaan baru yang mempunyai himpunan penyelesaian yang sama dengan himpunan penyelesaian. Prinsip ini digunakan dengan penyelesaian suatu persamaan.
  2. Contoh prinsip dalam bentuk rumus antara lain rumus kuadrat   (rumus ABC), teorema phythagoras, dan sebagainya.



Skill
A. Pengertian
    Merupakan prosedur mempercepat pengerjaan , namun tetap didasarkan logika yang benar.
B.  Akibat kesulitan
    Kesulitan keterampilan untuk mengoperasikan bilangan biasanya terjadi pada siswa yang berkemampuan lemah sehingga mengalami kesulitan dan kurang terampil dalam mengoperasikan bilangan. 
C.  Faktor
    Disebabkan karena dalam mempelajari materi pelajaran dasar ternyata siswa tidak menguasai materi yang telah diberikan. Ketidakmampuan dalam operasi bilangan dan perhitungan yang tidak tepat, maka akan menghasilkan jawaban yang salah. Kesulitan
D. Upaya
1.   Jangan paksa siswa untuk bisa menguasai matematika
2.  Padukan matematika dengan dunia nyata
3.  Menyampaikan materi pelajaran matematika dengan bercerita dan memberi contoh
Contoh
Proses yang menggunakan opersi dasr dalam penjumlahan,pengurangan,perkalian,maupun pembagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar